Asal Mula Azan Ternyata dari Mimpi Sahabat Rasul Bernama Abdullah bin Zaid

Iblis Mimpi - Azan yang bermakna seruan untuk mendirikan salat, teryata gagasannya bukan dari Rasulullah SAW melainkan dari seorang sahabat yang bernama Abdullah bin Zaid.

Awal mulanya, menurut Ustad Riza Rahman Lc, setelah wahyu dari Allah SWT turun kepada Rasulullah SAW tentang perintah salat lima waktu, Nabi mulai memikirkan bagaimana media atau sarana untuk menyerukannya kepada muslimin.

Lalu Beliau mengumpulkan para sahabat untuk minta saran dan gagasan bagaimana cara tepat seruan salat itu.

“Dari sahabat yang hadir muncul tiga gagasan tetapi semuanya ditolak Rasulullah dengan alasan bukan mencerminkan ajaran Islam,” ujar ulama di Banjarmasin itu dalam dakwah bada Salat Magrib Masjid Al Jihad Banjarmasin.


Gagasan pertama yang datang dari sahabat adalah dengan cara membunyikan lonceng namun ditolak Rasulullah karena menyerupai Nasrani, kemudian meniup terompet yang menjadi kebiasaan Bangsa Yahudi dan yang ketiga adalah menyalakan obor api di tempat tinggi seperti yang dilakukan Kaum Majusi.

Lalu semuanya pulang dengan hasil nol hingga malam harinya seorang sahabat bernama Abdullah bin Zaid bermimpi tentang azan yang cocok dijadikan sebagai seruan salat. Mimpi itu kemudian disampaikannya kepada Rasulullah SAW dan direspons dengan sangat setuju.

“Rasulullah SAW kemudian meminta Abdullah bin Zaid menemui Bilal untuk sampaikan hal ini, dan sejak itulah kemudian Bilal menghiasi udara Kota Madinah dengan kumandang azan dari tempat tinggi sebagai seruan salat wajib yang lima kali itu,” ujar ulama ini.

Sumber:
http://banjarmasin.tribunnews.com/2016/03/21/asal-mula-azan-ternyata-dari-mimpi-sahabat-rasul-bernama-abdulah-bin-zaid

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Perlu diketahui bahwa pembahasan kami tentang Asal Mula Azan Ternyata dari Mimpi Sahabat Rasul Bernama Abdullah bin Zaid merupakan hasil penelusuran kami di internet yang kami tuang dengan bahasa sederhana sehingga mudah dimengerti.

Kami berharap uraian tersebut dalam menjadi pemuas dahaga Anda tentang arti mimpi, makna, tafsir dan angka main atau angka togel dari mimpi yang mungkin belum lama ini Anda alami.

Namun semua kami kembalikan lagi kepada Anda, benar atau tidaknya hanya Anda yang bisa mengetahuinya karena mengalami sendiri. Thank you sudah meluangkan waktu mampir ke situs kami. Salam jitu untuk para penggemar angka.

Post a Comment for "Asal Mula Azan Ternyata dari Mimpi Sahabat Rasul Bernama Abdullah bin Zaid"